Serunya Belajar Sambil Bermain bersama Si Kecil di Rumah - Milna

Wah, di masa pandemi ini banyak hal yang baru untuk kita, termasuk kegiatan sehari-hari yang biasa kita lakukan seperti bekerja, belajar, beribadah atau dikenal dengan istilah work from home (WFH), study from home (SFH), atau pray in house (PIH). Kini, rumah telah menjadi titik sentral kegiatan apa pun bagi semua anggota keluarga. Tentu hal ini adalah pengalaman baru untuk banyak orang karena sebagian dari Mama dan Papa yang bekerja lebih sering bekerja di kantor atau tempat kerja dibandingkan kerja dari rumah. Juga untuk si kecil yang sebelumnya belajar di sekolah, harus belajar dari rumah. Tapi hal ini juga merupakan kesempatan yang baik untuk lebih dekat dengan si kecil dan melihat perkembangannya lebih intens. Agar kegiatan bersama si kecil lebih menyenangkan, bisa banget nih Mama dan Papa lakukan beberapa kegiatan belajar sambil bermain bersama si kecil di rumah. Selain melatih kemampuan motorik dan sensorik si kecil, juga dapat mempererat kedekatan orang tua dan anak. Kegiatan apa saja sih yang bisa dilakukan orang tua bersama si kecil agar WFH lebih menyenangkan dan bermakna?

1.Bercocok Tanam Bersama

Pertama mengajarkan anak bercocok tanam dan mengenalkan berbagai jenis tanaman. Kegiatan berkebun dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan aktivitas fisik, pelepasan energi fisik serta lebih menonjolkan gerakan-gerakan fisik. Kegiatan berkebun ini memberikan kesempatan kepada anak untuk mengembangkan imajinasi dan dapat dijadikan sarana untuk belajar sambil bermain. Hampir semua tanaman dapat kita ajarkan bertanam kepada anak. Namun, kita juga bisa memulainya dari hal-hal yang sederhana, seperti menanam tanaman hidroponik, menanam sayuran seperti kangkung, tomat, sawi, dan sebagainya.

2. Olahraga Bersama di Rumah

4 Jenis Olahraga untuk Membantu Mengurangi Stres - Jovee.id

Olahraga sangat penting dilakukan, terlebih di masa pandemi ini. Agar tubuh tetap bugar dan sehat, kita disarankan untuk rajin berolahraga. Tidak perlu keluar rumah, banyak kegiatan olehraga yang dapat dilakukan bersama si kecil meskipun di rumah saja. Berolahraga bersama si kecil membuat kegiatan yang dilakukan menjadi lebih menyenangkan, juga mengajarkan anak pentingnya olahraga. Mama dan Papa bisa pilih kegiatan olahraga ringan seperti lompat tali, hula hoop, yoga, atau dansa aerobik.

3. Menggambar atau Membuat Prakarya

Tingkatkan Rasa Percaya Diri, Ini 6 Manfaat Membuat Kerajinan Tangan Bersama  Anak

Ketiga ajak anak berkreasi mulai dari menggambar, membuat prakarya dan lain-lain. Seni dapat merangsang kreativitas anak, sehingga mereka dapat mengeluarkan ide-ide baru. Selain itu belajar seni sejak dini juga bisa melatih kerja sama anak tersebut dengan orang lain. Orangtua dapat mengajarkan kreativitas-kreativitas baru kepada anak agar anak tidak menjadi bosan. Anak bisa membuat kerajinan tangan dari tangkai es krim, atau melipat origami, melukis, mewarnai atau menyusun puzzle atau lego bersama.

4. Bernyanyi, Memainkan Musik dan Game Bersama

10 Ide Permainan untuk Bermain Bersama Anak di Rumah | Blog Ruparupa

Kegiatan menyanyi dan bermain musik, bermain game bareng anak juga menjadi salah satu momen yang bisa dimanfaatkan bersama anak. Aktivitas main game ini perlu dipantau dan dibimbing oleh orangtua. Salah satu peran orangtua adalah memilih game yang tidak sekedar menghibur anak melainkan bisa menjadi media edukasi yang menunjang tumbuh kembang anak. Dan untuk kegiatan bernyanyi, pilih lagu anak-anak yang familiar dan diselingi lagu favoritnya.

 

Sumber:

1. https://lifestyle.kompas.com/read/2020/05/23/174802620/bermain-bagi-anak-di-rumah-pada-masa-pandemi-covid-19?page=all

2. https://infobanknews.com/topnews/bermain-dengan-anak-sangat-penting-saat-pandemi-covid-19/

3. https://alphamor.id/artikel/berkebun-bersama-anak-bermain-sambil-belajar/

4. https://jateng.suara.com/read/2020/09/08/170000/ini-5-pilihan-olahraga-bersama-keluarga-di-rumah-saat-pandemi-covid-19?page=all

5. https://www.firstmedia.com/blog/5-aktivitas-seru-yang-bisa-dilakukan-orangtua-dan-anak-saat-dirumahaja