GROSIR MAINAN ANAK

Tips Memilih Playmat Untuk Si Kecil

Tgl Posting: 24-01-2019   -   14:22, Kontributor: zalfa

Kembali ke List

Tips Memilih Playmat Untuk Si Kecil

Memilih mainan bayi yang sesuai dengan perkembangan dan tahapan pertumbuhan Si Kecil bisa dikatakan gampang-gampang susah. Orang tua harus teliti dan pandai memilih jenis mainan, terlebih sekarang banyak tawaran berbagai jenis mainan bayi yang bisa Anda dapatkan di pasaran. Salah satu mainan yang direkomendasikan adalah playmat bayi yang tidak sekedar media bermain Si Kecil namun dapat memberikan stimulus perkembangan dan pertumbuhan.

Playmat adalah perlengkapan bayi yang berbentuk seperti matras. Namun matras tersebut tidak sekedar matras tempat bermain ternyata matras ini memberikan banyak manfaat.

1. Merangsang kemampuan sensorikPlaymat terbuat dari berbagai macam bahan dan berwarna-warni. Inilah yang bayi butuhkan untuk menstimulasi dan merangsang kemampuan sensoriknya. Karena warna yang diciptakan dalam playmat itu biasanya akan menarik perhatian si bayi. Beberapa playmat juga dilengkapi dengan mainan, musik, atau setiap kali bersuara apabila setiap kali baby bergerak.

2. Merangsang kemampuan kognitifSaat bayi anda mulai mencapai masa dimana dia mulai tengkurap, biasanya pada usia 5-8 bulan dia akan berbaring kiri dan kanan dengan sadar. Bayi menjadi tahu suara apa yang keluar dari playmat (tanpa menyebut merek). Yang artinya playmat bermanfaar membantu bayi berpikir logis.

Berikut beberapa tips dalam memilih playmat :

  • Pilih playmat yang menyediakan fasilitas sesuai dengan tahapan perkembangan bayi anda. Misalnya memiliki warna, motif binatang, atau apa saja yang menarik perhatian bayi. 
  • Pilihlah playmat yang beralaskan rata. Jangan yang bergelombang karena seperti yang kita tahu playmat berguna sebagai tempat dimana dia bermain dan menghabiskan waktu disana. 
  • Pilihlah playmat yang terbuat dari bahan yang tidak mudah lepas. Karena kita tahu bahwa bayi yang mulai tengkurap dan belajar duduk, biasanya mereka juga sedang mengalami fase oral dimana mereka juga memasukkan segala jenis benda asing ke mulut mereka tidak terkecuali playmat. Maka dari itu kita juga harus memperhatikan bahan dalam membeli playmat. 
  • Pilih playmat yang mudah dibersihkan, tebal dan yang penting terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. 
  • Pilihlah playmat yang mudah dalam penyimpanan, jangan yang terlalu berat. Karena kita tahu biarpun didalam ruangan ber-AC pun, akan ada debu yan lengket pada mainan dan playmatnya. Jadi minimal 3 hari sekali harus di bersihkan. Jadi pilihlah yang mudah di simpan dan mudah di pindahkan.
  • Pilih playmat yang tebal agar jika bayi terjatuh di playmat, tidak membahayakan perkembangan bayi.